Saturday, 16 May 2015

Kumpulan Makanan Penurun Kolesterol

Kolesterol kerap menjadi tokoh jahat dalam kesehatan manusia, namun ternyata kolesterol dalam jumlah normal justru sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kegunaan kolesterol di dalam tubuh antara lain adalah sebagai salah satu pembentuk organ-organ di dalam tubuh, komponen penting dalam semua jaringan di dalam tubuh, komponen utama sel otak dan saraf, dan berperan dalam pembentukan sel-sel yang fungsinya krusial bagi tubuh. Kolesterol jahat dalam tubuh, tentu saja adalah kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan. Tingginya kolesterol dalam darah akan mennyebabkan berbagai penyakit. Bagaimana gejala kadar kolesterol tinggi pada seseorang dan bagaimana menurunkannya?
Makanan Penurun Kolesterol
Makanan Penurun Kolesterol

Gejala kolesterol tinggi dan resikonya
Sayangnya seseorang dengan kadar kolesterol tinggi banyak tidak mengetahui bahwa ia memiliki kadar kolesterol di atas normal sampai terkena suatu penyakit dan dilakukan tes darah. Gejala kolesterol tinggi tidak spesifik dan bisa disalahartikan dengan gejala biasa. Kebanyakan orang yang memiliki kadar kolesterol jahat di atas normal mengalami keluhan sebagai berikut:
  • Pusing
  • Kesemutan
  • Rasa sakit pada persendian
  • Migraine atau sakit kepala sebelah yang sering kambuh
  • Nyeri pada kaki, kaki terasa berat jika digunakan untuk berjalan
  • Kuku berubah warna dan membutuhkan waktu lama untuk tumbuh karena aliran darah terhambat
  • Kulit telapak kaki terasa dingin padahal tidak sedang sakit

Kadar kolesterol yang ideal bagi seseorang berkisar antara 160-200 mg/dl, di mana jika sudah melewati angka 240 mg/dl maka resiko terserang stroke sangat tinggi. Kolesterol tinggi bukan saja bisa dialami oleh orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalaminya yang dipengaruhi oleh faktor keturunan atau asupan makanan dengan gizi tidak seimbang. Kolesterol yang tinggi bisa diturunkan dengan obat-obatan dengan resep dokter atau dengan cara alami yaitu mengkonsumsi makanan penurun kolesterol.
Tingginya kolesterol dalam darah akan menghambat transportasi darah yang membawa oksigen dan zat-zat nutrisi penting bagi tubuh. Orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi beresiko mengalami serangan stroke karena otak tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Penyakit jantung juga mengintai pengidap kolesterol tinggi karena jantung tidak mendapatkan suplai darah dan oksigen yang menghambat kerja jantung.
Selain stroke dan penyakit jantung, ada lagi satu penyakit kronis yang penyebabnya merupakan kadar kolesterol tidak bisa dikendalikan. Nama penyakit ini adalah Familial Hypercholesterolemia (FH) yang merupakan penyakit keturunan dan menjangkit 1 di antara 500 orang di dunia. Penderita penyakit ini yang kedua orang tuanya mengidap penyakit yang sama memiliki harapan hidup yang pendek bahkan divonis tidak lebih dari 20 tahun. Dari beberapa penyakit yang telah disebutkan jelaslah bahwa kolesterol yang tinggi berbahaya bagi tubuh jika tidak segera diturunkan. Menurunkan kolesterol dalam darah yang efektif adalah dengan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol.
Jenis makanan yang bisa menurunkan kolesterol
Dengan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol Anda bisa terhindar dari komplikasi akibat kolesterol yang tinggi. Makanan ini juga merupakan makanan yang bergizi tinggi sehingga bukan saja untuk mengatasi kolesterol namun menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan. Makanan yang bisa menurunkan kolesterol antara lain adalah:
Kacang kedelai
Kacang kedelai mengandung isoflavon yang fungsinya adalah menekan  kadar LDL dalam darah. LDL merupakan kolesterol jahat, sementara itu bisa meningkatkan kadar HDL yang merupakan kolesterol baik dalam tubuh. Selain isoflavon, kedelai juga mengandung protein kedelai yang sama fungsinya yaitu menurunkan kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik. Makanan kacang kedelai terdapat pada olahan seperti susu kedelai, tahu, tempe, dan lain sebagainya.
Ikan salmon
Ikan satu ini memang sangat baik bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan rutin. Salah satu kandungan utama pada ikan salmon yaitu omega 3 yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik. Resiko penyakit jantung yang mengintai pengidap kolesterol tinggi juga bisa diturunkan dengan mengkonsumsi ikan salmon karena ikan ini sangat baik untuk kesehatan jantung.
Buah alpukat
Buah yang memiliki rasa unik ini merupakan makanan penurun kolesterol yang mengandung asam lemak tak jenuh sehingga baik untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi alpukat dalam bentuk macam-macam makanan dan minuman seperti jus alpukat, es buah, atau mau dimakan langsung. Agar kandungannya bisa bekerja dengan maksimal sebaiknya hindari memakai gula pasir atau cokelat dalam mengolah alpukat menjadi minuman segar.
Bayam
Bayam yang merupakan sayuran hijau baik untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Selain itu bayam juga bisa mencegah kolesterol jahat menempel pada dinding pembuluh darah sehingga sirkulias darah tetap sehat dan jantung tidak mengalami masalah. Konsumsi setengah mangkuk bayam secara rutin untuk menurunkan kolesterol.
Oatmeal
Bahan makanan yang dibuat dari gandum utuh ini kaya akan serat larut dalam tubuh sehingga bisa menarik kolesterol jahat yang menutupi pembuluh darah untuk dikeluarkan dari tubuh. Oatmeal akan menyerap kolesterol dan baik untuk kesehatan jantung bila dikonsumsi setiap hari terutama untuk menu sarapan. Oatmeal dikonsumsi dalam bentuk bubur dan memiliki kandungan nutrisi dan karbohidrat yang cukup bagi Anda beraktivitas.
Apel
Ungkapan one apple a day keep the doctor away bukan hanya isapan jempol. Apel sebagai makanan penurun kolesterol mengandung pectin yang merupakan serat larut dalam tubuh untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Apel juga mengandung polifenol yang merupakan zat antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Mengkonsumsi apel sebaiknya bersama dengan kulitnya karena kandungan apel justru banyak terdapat pada kulit.
Almond
Almond termasuk dalam keluarga kacang-kacangan yang memiliki kandungan baik untuk menghancurkan kolesterol jahat. Almond mengandung phytosterol dan asam lemak tak jenuh yang selain bisa menurunkan kadar kolesterol juga baik untuk kesehatan jantung. Mengkonsumsi kacang almond sebagai makanan penurun kolesterol sebaiknya tidak ditambahkan dengan garam atau gula, dan dikonsumsi dalam jumlah kecil setiap harinya karena mengandung kalori yang cukup tinggi.
Demikian uraian mengenai gejala dan bahaya dari kolesterol tinggi. Agar kadar kolesterol tetap berada di batas normal, gaya hidup yang sehat sangat mempengaruhi. Jika sehari-harinya Anda terlalu sering makan makanan yang berminyak, makanan cepat saji, atau makanan olahan seperti sosis, kornet, nugget, dan lain sebagainya maka jangan heran bila saat dilakukan tes darah ternyata kadar kolesterol sudah di atas normal. Perbanyaklah makanan penurun kolesterol ataupun makanan yang mengandung kolesterol rendah dan penuhi kebutuhan air putih setiap harinya.